Minggu, 06 November 2011

Curhatan si Bibi Pembantu

Srek srek srek *gue lagi nyuci
Hari ini panas ya nak, mudah-mudahan jemuran kita cepat kering celetuk si Bibi pembantu ibu kost-an gue.
Iya bi,mudah-mudahan ga ujan lagi kaya semalem, mau ngapain aja ga bisa-bisa (soalnya baju gue kan udah kotor semua,hehe).
*Si Bibi ketawa.
Ngeliat senyum bibi ini gue jadi cepet-cepet pulang kekampung halaman gue, bukannya jumpa mama sama papa gue, tapi rindu ini sudah membelenggu untuk nenek gue yang paling cantik diatas muka bumi ini, melebihi kecantikan semua nenek-nenek, kalo seandainya nenek gue ikutan kontes nenek-nenek tercantik 2011.
Gue masih inget waktu nenek gue bilang "siskaa udah jarang ya nginep dirumah nenek, mentang-mentang udah gede, udah manis, udah bisa sendiri, jadi males tidur bareng sama nenek yang udah bau tanah ini, kotor, dekil, sakit-sakitan, padahal dulu waktu masih ingusan nenek yang ngurus kamu tiap hari, untung aja kamu selamat sampe sekarang, kalo ga kalu udah ga didunia ini karena nenek cubitin tiap ari gara-gara kebandelan kamu *serrrr,syahdu".
Fiuuhh, biasalah nenek kalo ada keluhan suka merendahkan diri sendiri.

Kembali ke Bibi tadi...
Pagi ini gue nyuci, dan tumpukan baju kotor gue udah kaya tumpukan sampah ditong sampah, udah menggunung karena kebiasaan gue menunda yang namanya mencuci. Haduuuuu, males pisan euy rasanya, tapi kalo makenya enteng banget, apa lagi udah gaya-gayaan, masa sehari bisa tiga kali ganti baju, melebihi artis dangdut.
*cewe aneh.

Kenapa tiba-tiba gue mau bahas ini pagi ini ?
Karena kebetulan si Bibi ini curhat sama gue, curhatannya beliau begini "Dulu waktu bibi kerja jadi pembantu, kayanya ngga terlalu berlebihan kaya begini kerjanya nak, udah tiga tahun jadi pembantu baru kali ini diperlakukan gini, tapi mau bilang apa, bibi butuh duit, dan anak-anak ga ada yang bisa diandalkan. Lagian bibi orangnya ga bisa diem, selalu pengen kerja, kalo ga kerja rasanya waktu terlalu lama berputar nak".
*ngeeeeeenggggg, gue terharu.

Pasalnya, dirumah ini tinggal tiga kepala keluarga, ditambah lagi anak-anak, dan sodara-sodaranya yang belum kawin, dan mereka hanya mengandal seorang pembantu rumah tangga. Sepertinya seisi rumah ini udah bisa bikin group paduan suara tingkat internasional karena tingkat kecerewetan mereka yang udah ngalahin kejuaraan kecerewetan didunia burung.  
Gue baru tau, nama si Bibi ini Bi Irma, biasa dipanggil begitu katanya.
Apa pasal yang membuat Bi Irma ini mengeluh ???
Sama seperti pembantu-pembantu sebelumnya yang hanya bertahan 3 atau sampe 4 bulan, bukan masalah mengerjakan semua pekerjaan rumah, tapi jumlah orang yang ada dirumah ini terlalu banyak untuk ukuran seorang pembantu.

Biasanya sebuah keluarga yang make seorang pembantu itu berkisaran empat sampe lima orang dalam satu rumah, lah ini satu angkatan perang bersenjata lengkap.
Senjata  kecerewetan mereka yang ga ketulungan musingin kepala, kadang-kadang bikin migrain dan kuping jadi lebar sebelah. Masyaallah *nyiapin bom
Bisa kita bayangkan...
*bayangkan ya, bayangkan...
  • Dirumah ini ada dua belas orang nyawa yang sedang hidup dan bergentayangan setiap hari
  • Setiap hari seisi rumah makan dua kali sehari atau tiga kali sehari (berarti piring kotor ditambah porsi memasaknya sangat luaaarrrrrrrr biasa)
  • Setiap hari selalu hidup bukan berarti ga pake baju ama celana kaaan ? (bayangkan berapa pakaian kotor dalam sehari saja, apa lagi sampe menumpuk kaya gue, naudzubillah itu Bi Irma tepar gara-gara kecapek-an, tapi Bi Irma ini selalu nyuci tiapa ari kok)
  • Kalo ada cucian berarti ada gosokan (bayangkan seberapa cape-nya nyetrika itu cucian)
  • Kalo ada rumah berarti ada sampah, dan berarti juga rumah harus dibersihin tiapa ari (bayangkan gimana jadi seorang pembantu, jangaaaaaaan donk yaaaa)
Nah, jadi, Bi Irma udah mulai ngeluh kaya pembantu sebelum-sebelumnya juga...
Gue ramalkan meskipun gaji Bi Irma Rp 700.000,-/bulan (lumayan banyak) pasti ga bakalan bertahan lama, karena tekanan perasaan dan tekanan bathin. Memang begitulah kalo jadi pembantu rumah tangga, harus siap tekanan bathin dan lain-lain yang membuat badan kurus kerontang tak beraturan, tapi apa boleh buat "BUTUH DUIT"

Mari sama-sama kita ambil pelajaran dari cerita ini...
Yukkk capcuusss ciiint.

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates